Manajemen Bisnis Syariah

SEMINAR MANAJEMEN : “PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA DALAM DUNIA BISNIS DI ERA INDUSTRI 4.0” HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI (HMPS) MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (MBS) FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM (FEBI) IAIN SALATIGA TAHUN 2022

Revolusi industri 4.0 memungkinkan kegiatan komunikasi yang perlu menyentuh khalayak yang lebih luas berjalan lebih optimal. Hal ini didukung dengan internet yang memiliki kelebihan untuk menjangkau khalayak yang tidak terbatas pada geografis. Penerapan pada bidang komunikasi massa misalnya muncul mediamedia baru yang berbasis internet. Surat kabar yang tadinya berbentuk cetak kini dapat diakses bentuk digitalnya melalui situs resmi kantor beritanya. Bahkan, internet memberikan peluang untuk mendapatkan laporan berita tepat ketika suatu kejadian terjadi. Begitu pula dengan radio yang pada era industri sebelumnya mengandalkan sinyal analog, memasuki era industri 4.0 mulai berkembang menggunakan radio digital, lebih jauh menggunakan koneksi internet untuk menghadirkan radio streaming.Tetapi untuk menghasilkan pemanfaatan sosial media yang kreatif dan inovatif dibutuhkan skill yang memadai dibidang sosial media untuk bersaing dikancah era industri. Kreatif merupakan skill yang dimiliki untuk menciptakan sesuatu konsep baru. 

Maka dengan ini mahasiswa akan diberi bekal dalam hal berfikir kreatif sehingga dalam upaya membangun konsep bisnis dilandasi dengan daya kreatif untuk bersaing di era industri. Maka dengan ini kami selaku Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah membuat suatu kegiatan dengan tema “PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA DALAM DUNIA BISNIS DI ERA INDUSTRI 4.0” sehingga diharapkan dengan melalui kegiatan Seminar manajemen mahasiswa dapat menciptakan inovasi atau style baru dalam bidang marketingKegiatan ini bertempat di Ruang Seminar Fakultas Dakwah UIN Salatiga dan Room Zoom Meeting pada hari Minggu, 12 Juni 2022 yang dihadiri oleh 194 peserta yang terdiri dari 94 peserta online dan 100 peserta offline. Acara tersebut dimulai pukul 09.00 WIB dengan serangkaian kegiatan yaitu :

  • Pembukaan
  • Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an
  •  Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Himne IAIN Salatiga
  •  Sambutan Ketua Panitia
  • Sambutan Ketua Umum HMPS IAIN Salatiga
  • Sambutan Sekretaris Prodi MBS  FEBI IAIN Salatiga
  • Sambutan Dekan FEBI IAIN Salatiga MBS
  • Do’a
  • Penyampaian Materi 1

Disampaikan oleh Bapak Abdul Kholiq Fauzi (Direktur Batik Gemawang) materinya membahas tentang fungsi media sosial, kategori dalam bermedia sosial, kekurangan dan kelebihannya, menganalisis konsumen, serta strategi pemasaran yang baik dan benar. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab peserta. Kemudian ada penyerahan sertifikat untuk pemateri.

  • Sesi Tanya Jawab
  • Penyerahan Sertifikat Pemateri 1
  • Ice Breaking ( Diskusi bersama peserta)
  • Penyampaian Materi II

Disampaikan oleh Ibu Emy Widyastuti, M. E.(Dosen FEBI IAIN Salatiga). Materi yang diberikan mengenai tahapan-transformasi revolusi industri, seperti apa ciri revolusi industri 4.0, menjelaskan tentang kondisi ketenagakerjaan Indonesia, serta strategi pemasaran melalui social media instagram bahwa pengguna internet yang besar mendorong masyarakat untuk menggunakan media sosial dalam setiap aktivitasnya, termasuk dalam kegiatan bisnis. Pelaku bisnis perlu memiliki strategi dalam pemanfaatan media sosial agar dapat meningkatkan omzet penjualan. Selanjutnya adalah sesi tanya jawab. Beliau menyiapan sebuah buku karyanya untuk hadiah bagi yang telah bertanya. Dilanjut dengan penyerahan sertifikat.

  • Sesi Tanya Jawab Pemateri ke II
  • Penyerahan Sertifikat Pemateri ke II
  • Penyerahan Hadiah
  • Penutup dan Sesi Foto Bersama

Dengan diselenggarakannya kegiatan Seminar Manajemen ini tentunya memiliki harapan besar yakni Mahasiwa dapat menganalisis calon konsumen melalui sosial media, meningkatkan kreatifitas dalam sistem penjualan di sosial media, mendorong tumbuhnya calon pengusaha muda dengan bekal ilmu dalam berbisnis serta dapat memnafaatkan sosial media dengan baik., menambah wawasan bagi mahasiswa serta menambah relasi dalam bisnis.